Senin, 15 November 2010

Final Paper

MAKALAH MATA KULIAH PENDIDIKAN FILSAFAT
MENGUPAS MAKSUD DAN KAJIAN FILSAFAT PENJAS
BAGI MAHASISWA FIK UNY




Disusun oleh :
Erick Burhaein  (08601244171)

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
2009




BAB I 
PENDAHULUAN
Filsafat pendidikan merupakan bidang kajian yang secara garis besar berupa pemikiran – pemikiran kritis ataupun sugesti dari filsuf dalam hal ini terutama di bidang pendidikan. Pada khususnya bagi Mahasiswa FIK UNY. Ada pun alasan yang kongkrit mengapa filsafat pendidikan penting bagi Mahasiswa FIK UNY yaitu dapat meningkatkat wawasan global, memperlancar komunikasi baik secara lisan maupun tertulis.
Filsafat Pendidikan dalam perkembangannya di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan. Filsafat  lahir dan berkembang dari berbagai belahan dunia. Misalnya saja dapat dilihat di dunia bagian barat yaitu Benua Eropa, filsafat – filsafat ini yang telah mampu mengubah peradaban bangsa Eropa menjadi sangat maju seperti sekarang ini. Tentunya Indonesia juga tak lepas dari pengaruh filsafat dari Eropa. Apabila ditinjau secara kritis, Filsafat Pendidikan itu sendiri pasti ada tujuannya mengapa diberikan mata kuliah ini. Filsafat Pendidikan bertujuan menumbuhkan sikap Mahasiswa yang kritis, rasional, serta kreatif dalam setiap menanggapi suatu permasalahan. 
BAB II
ISI
Seperti dalam Peribahasa , ada gula ada semut. Mungkin peribahasa tersebut dapat menggambarkan keterkaitan antara suatu peradaban dengan filsafat didalamnya tentunya melalui para filsuf. Sekarang ini filsafat dirasa sesuatu yang sulit dipahami , dinalar ataupun dimengerti oleh setiap orang. Anggapan ini muncul dikarenakan seseorang hanya melihat dari sisi negatifnya saja. Padahal jika dipelajari secara intensif dan menyeluruh , akan disadari bahwa ternyata filsafat adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dipelajari. Bahkan tidak disadari pula bahwa peradaban sekarang ini tidak lepas dari filsafat.
Seperti yang dikatakan seorang filsuf , lebih baik melakukan sesuatu yang buruk daripada tidak berbuat apapun ( Richard Osborne 2001 : 1 ). Maksud dari pernyataan tersebut adalah lebih baik salah dalam menganalisis sesuatu , karena didalamnya ada usaha dalam pencapaian yang diinginkan walaupun pada akhirnya mengalami kegagalan , ini tentu lebih baik bila dibanding orang yang hanya sekedar berpangku tangan ataupun hanya pasrah bila dihadapkan pada suatu masalah.
Banyak tokoh atau para filsuf yang mencoba mendefinisikan filsafat. Apabila dilihat dari asal katanya , filsafat terdiri dari dua kata yaitu Philos dan Sophos yang bila keduanya diartikan kemudian digabungkan maka artinya adalah cinta kebijaksanaan. Artinya seseorang yang mengerti filsafat ( seorang filsuf ) tentunya dia adalah seseorang yang bijaksana. 
Filsafat sebenarnya telah ada sejak lama , misalnya saja peradaban Arab , China  ataupun Yunani yang semuanya mengalami kejayaan pada Era – nya  masing – masing . Kemudian menyebabkan banyak perubahan yang terjadi , misalnya sesuatu hal yang diperbaharui maupun dihapuskan tentu melalui pertimbangan dari seorang raja atau pemimpin. Perubahan ini mencakup berbagai bidang misalnya di bidang ekonomi , bidang sosial , bidang budaya , bidang industri ataupun karya seni , termasuk di bidang filsafat dan masih banyak lagi dibidang lainnya. Dibidang filsafat lahir para filsuf yang terkenal melalui pemikiran – pemikirannya yang kritis dan cerdas pada peradaban tersebut.
Seseorang yang mencoba memikirkan sesuatu yang ada pada sesuatu hal yang lainnya , dapat juga dikatakan  Dia adalah seorang filsuf. Kebanyakan pemikiran paham – paham filsafat lahir dari pemikiran seorang laki - laki. Akan tetapi ada juga filsuf dari golongan perempuan. Yang terpenting bukan masalah gender ataupun yang lainnya , akan tetapi seberapa besarkah pengaruh perubahan yang diakibatkan seorang filsuf tersebut.
Menurut pendapat setelah saya pahami tentang apa itu filsafat yaitu , filsafat merupakan suatu paham bisa dikatakan juga ideologi yang lahir dari pemikiran – pemikiran bijaksana , cerdas , & kritis dari seorang filsuf  dimana selanjutnya membawa dampak perubahan  –  perubahan dalam dirinya sendiri maupun orang lain. Perubahan bisa dibidang apa saja, dapat pula terjadi perubahan yang bersifat global atau berdampak signifikan bagi kehidupan di dunia. 
Seperti Filosofis seorang Sokrates (470-399 SM), filsuf Yunani ini menasirkan semboyan yang sangat terkenal hingga sekarang yaitu ”kenalilah dirimu sendiri” ( gnothi seauton ) dalam buku yang ditulis oleh Aiter dan Billy tentang Filsafat Manusia. Apabila dikaji secara terperinci akan muncul suatu makna yang sangat dalam. Semboyan ini juga terpampang jelas dilantai bawah gedung FIK Barat. Tempat menempelkan semboyan ini sangatlah tepat karena selalu dilalui mahasiswa yang beaktifitas dikampus FIK.
Tentunya ada maksud mengapa semboyan ini yang ditempel, bukan filosofis dari filsuf yang lain mengapa diambil dari Sokrates. Menurut saya harapan dari pihak Kampus adalah berharap pada Mahasiswa FIK agar bisa mengenali dirinya masing – masing. Maksudnya adalah bahwa diharapkan Mahasiswa FIK lebih mengenali apa saja potensi yang ada didalam dirinya selain di bidang olah raga ataupun dalam pengembangan dari bakat para atlet yang berasal dari FIK. Tentunya ini bukan perkara yang mudah untuk dilakukukan. Tentunya semua harus ada kemauan yang besar dari dalam dirinya masing – masing. Agar mereka bisa lebih tahu siapa jati diri mereka, sehingga mdereka dapat mengoptimalkan potensi yang ada dalam disi mereka.
Akan tetapi setelah Mahasiswa FIK mengenali siapa dirinya sebenarnya, tentunya instropeksi diri dalam hal ini dilibatkan. Misalnya saja hal ini dapat berpengaruh dalam tindakan yang menjunjung tinggi nilai sportifitas, karena dia mengenal bahwa dirinya adalah insan olahraga jadi sewajarnya menjunjung tinggi nilai fairplay. Tentunya ini juga sesuai dengan visi dan misi UNY yaitu “menciptakan insan yang cendikia, mandiri, dan dan bernurani”.
Dalam buku karangan Richard Osborne yang berjudul Filsaat untuk Pemula. Disini dituliskan dalam sebuah karikatur, percakapan antara Seorang Bapak Filsafat Modern yaitu Rene Descartes ( 1596- 1650 ). Yaitu “ Sebenarnya  pada 10 November 1619 saya mendapat mimpi, lewat mimpi itu saya menjadi yakin bahwa pengetahuan sejati berasal dari budi manusia saja”. Disini yang akan saya garis bawahi adalah “bahwa pengetahuan sejati berasal dari akal budi manusia saja”. Menurut filosofis saya sendiri, Rene Descartes sebenarnya tidak salah melontarkan kalimat tersebut. Karena sah – sah saja dengan filosofisnya sendiri. Akan tetapi menurut saya kurang tepat sehingga saya kurang setuju. Pengetahuan sejati pada hakikatnya tidak hanya berasal dari akal budi manusia saja. Akan tetapi juga karena adanya campur tangan dari Tuhan Yang Maha Esa. Disini sebagai seorang muslim, saya memberikan contoh kongkrit yaitu Allah SWT  yang merupakan Tuhan bagi umat Islam di seluruh dunia. 
Sejatinya semua ilmu mapun semua hal yang ada dimuka bumi ini ada dan  berasal dari Allah SWT. Manusia di bumi diciptakan Allah SWT hanya untuk mengelola bumi ini, karena tugas dari manusia yang merupakan khalifah di Bumi. Manusia adalah pemimpin di bumi, jadi manusia harus bisa mengoptimalkan semua sumberdaya alam, yang diberikan oleh Allah SWT yang ada di bumi ini. Sehingga untuk biisa menjadi khalifah di bumi manusia diberi kelebihan oleh Allah SWT dibandingkan makhluk yang lain yaitu cipta, rasa, dan karsa. Semua akhlak terpuji adalah semata-mata berpusat dari Allah SWT,  dengan sifat - sifat-Nya dari Asmaul Husna. Sehingga Manusia hanya mewarisi sebagian dari sifat  –  sifat-Nya. Misalnya saja sifat Allah SWT Yang Maha Bijaksana, dalam contoh kongkritnya seorang mahasiswa FIK UNY mampu bersikap secara bijaksana ketika mengambil keputusan dalam penentuan atu pemecahan suatu masalah.  Apabila seorang Mahasiswa tersebut  menjadi ketua kelas, dia harus menerapkan sikap yang bijaksana. Dia harus mencerminkan sikap yang seharusnya ditunjukkan oleh seorang pemimpin. Menghindari sikap egois, yang hanya mengutamakan kepentingan pribadinya saja diatas kepenting kelas. Agar tercipta suasana kelas yang harmonis atau bisa dikatakan bersifat kekeluargaan. 
Mengenai aliran – aliran besar dalam filsafat dan implikasinya terhadap pendidikan jasmani dan olahraga. Saya lebih condong atau bisa dikatakan lebih setuju dengan aliran pragmatisme, seperti di Amerika hampir semua para ahli pendidikan jasmani di negara adikuasa tersebut menganut aliran pragmatisme. Mengenai mengapa saya lebih setuju dengan aliran ini karena dalam aliran pragmatisme sistem pembelajarannya didasarkan pada kebutuhan maupun minat minat daripada siswa. Dalam hal ini seorang guru pendidikan jasmani mengatur apa saja yang akan dimasukkan di dalam kurikulum, apakah itu tepat bagi siswa atau tidak  ,bagaimana dengan sarana prasarananya apakah bisa menunjang kurikulum tersebut atau tidak. 
Seorang guru pendidikan jasmani dituntut untuk harus kreatif dengan variasi – variasi agar menunjukkan adanya perbedaan dalam pengalaman belajar. Sehingga seorang murid tidak mengalamii kejenehun karena bosan, misalnya pada pemanasan diebrikan variasi gerakan agr tidak terlihat monoton atau hanya itu-itu saja. Pada aliran ini lebih  ditekankan kepada problem solving, yaitu apa yang peserta didik tidak dimengerti akan diberikan solusi oleh guru. Dapat juga pmecahan masalah melibatkan semua peserta didiknya, guna mencapai suatu pembelajaran yang efektif. Jadi Peran guru pemdidikan jasmani disini adalah sebagai pembimmbing, dia memberikan arahan dan mengawasi peserta didiknya. Sedangkan peserta didik yang dituntut berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga tercipta suasana pembelajaran yang kondusif dan efektif. 
Semua orang tentunya tahu apa itu Olahraga. Akan tetapi mereka kesulitan apabila harus membedakan antara bermain (play), permainan (games), dan olahraga (sport). Memang agak kesulitan menyebutkan perbedaannya secara kongkrit diantara ketiganya. Karena saya sendiri juga merasa kesulitan apabila menjelaskan tanpa adanya contoh kongkritnya. Saya akan mencoba memaparkan perbedaan diantara ketiganya, menurut pendapat saya sendiri. Yang pertama bermain, ini merupakan yang paling sederhana atau bisa dikatakan lebih simple dibandingkan permainan dan olahraga. Aktifitas bermain merupakan tingkatan pendidikan jasmani yang paling bawah, misalnya saja aktifitas berlari, melompat, merayap, dan lain sebagainya. Dalam bermain hanya terdapat unsur gerak saja, tanpa ada unsur yang lainnya. Pada tahapan ini bisanya berupa aktifitas yang dilakukan secara individu ataupun tidak dilakukan secara berkelompok. Yang kedua yaitu permainan, tahap ini merupakan lanjutan dari tahap bermain. Disini sudah ada peraturan walaupun masih sederhana, sehingga aktifitas ini dapat dilakukan secara berkelompok. Misalnya saja permainan petak umpet, dalam permainan tersebut dibuat peratuturan sederhana. 
Yang terakhir adalah olahraga, tahapan ini bisa dikatakan puncaknya. Misalnya saja olahraga sepakbola . Dalam olahraga sepakbola ada peraturan resmi dari instansi olahraga terkait dalam hal ini FIFA , penghargaan juara,  organisasi – organisasi resmi dari pihak terkait missal PSSI dan FIFA. Dalam Olahraga aktifitas tidak hanya individu saja, misalnya olahraga karate. Dalam olah raga bela diri karate, pertandingan hanya dilakukan oleh perseorangan, tidak ada tim. Misalnya dalam kejuaraan perorangan kumite maupun  kejuaraan perorangan kata. Akan tetapi ada pula olahraga yang secara berkelompok atau tim, misalnya saja sepakbola. Dalam sepak bola dibutuhkan kerjasama dalam sebuah tim, disini kompetisinya melibatkan tim dengan posisi masing – masing saat pertandingan berlangsung. Dalam sepakbola dibutuhkan toleransi dan sikap empati  antar sesama tim, hal ini bertujuan meningkatkan kerjasama antar pemain. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi apabila antar sesama pemain dalam satu tim terlibat pertengkaran. Tentunya ini akan merusak permainan tim pada saat pertandingan berjalan. Sikap egois dari mereka akan muncul, tentunya seorang pemain diharapkan  mempunyai psikologis yang dinamis positif. Agar tidak mudah terprovokasi, agar tmnya tidak hancur oleh sikapnya yang kurang sportif. 
Pada dasarnya dalam aliran pragmatis, guru pendidikan jasmani banyak mengimplementasikan  ilmu dari pengalamannya selama dia menggeluti dunia olahraga baik ketika mengajar maupun kegiatan lainnya dalam pendidikan jasmani. Sehingga apa yang telah diperolehnya selama ini bisa ditularkan atau transfer ilmu pada peserta didiknya.  Peserta didik juga diharapkan dapat menimba ilmu dari pengalamannya sendiri khususnya dalam pendidikan jasmani. Selain itu peserta didik dituntut berperan secara aktif, misalnya apa yang mereka tidak mengerti segera ditanyakan pada guru pendidikan jasmani. Dapat dikatakan bahwa peserta didik harus brsikap kritis dalam kegiatan belajar mengajar, guna mencapai standar kompetensi siswa sesuai dengan ketentuan. 
Menurut pemikiran saya apabila dihadapkan dengan pertanyaan, konsep apa yang dirasa condong dalam pendidikan jasmani. Mungkin filosofis saya akan mengatakan bahwa konsep pedagogis yang tepat. Mengapa saya setuju atau bisa dikatakan lebih condong ke dalam konsep ini? Bisa diketahui bahwa konsep pedagogis merupakan konsep pendidikan yang pelaksanaannya melalui gerak. Artinya pendidikan jasmani ditujukan untuk mendidik siswa,dimana siswa diajarkan untuk senantiasa bergerak tentunya disesuaikan berdasarkan dengan porsi fisik tiap-tiap umur tertentu. Pada konsep ini pandidikan jasmani lebih condong di pendidikannya.Melalui gerak dalam permainan siswa dapat mengambil sesuatu yang bisa dipetik,bisa berupa nilai – nilai sportifitas, kejuuran, tanggung jawab, pantang menyerah, dan lain sebagainya. Tentunya nilai – nilai tersebut juga dapat meningkatkan kreativitas & daya tahan tubuh anak.
Meskipun dalam konsep ini ditonjolkan dalam hal pendidikannya , akan tetapi tanpa harus menghilangkan sifat manusia yang pada dasarnya suka bermain. Di era globalisasi sekarang ini banyak perbedaan para ahli penjas mengenai apa konsep yang tepat untuk penjas. Mereka mempunyai filosofisnya sendiri-sediri ,sehingga pada kenyataannya sekarang ini belum  disepakatinya satu konsep yang bias menjadi dasar pendidikan jasmani. Dewasa ini dimata siswa yang menjadi salah satu mata pelajaran favoritnya adalah pendidikan jasmani. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan konsep pedagogiklah yang lebih menonjol. Melalui pendidikan yang pada intinya dikemas dengan suatu gerak. 
Saya ingin menanggapi,memberikan kritik,dan saran tentang cara pembelajaran semua guru saya dari SD, SMP, dan SMA. Menurut saya asistem pembelajaran yang diterapkan sudah baik. Ditingkat dasar siswa lebih banyak diperkenalkan pada  permainan-permainan dengan peraturanyang sederhana ataupun dimodifikasi. Sehingga siswa tidak kesulitan dalam mencerna apa yang diperintahkan gurunya. Porsi latihin sudah ideal,tentunya pendidikan jasmani siswa SD jelas berbeda dengan siswa SMA. Saya sangat beryukur selama itu saya belum pernah diajar oleh tipe guru yang “terima gaji buta”. Maksud saya adalah guru yang tidak niat mengajar,kasar terhadap siswa tentunya dalam pembelajaan pendidikan jasmanii. Contohnya saja guru yang bertipe demikian memberi materi sepak bola, siswa hanya diserahi bola kemudian dibiarkan saja tanpa ada pengawasan dalam peraturan permainan,apa yang harus dilakukan apabila ada teman mengalami cedera. Sedangkan guru tersebut malah di rung guru berbincang- bincang dengan guru lain,sambil merokok. Guru penjas seharusnya memberikan pengarahan tidak hanya menungui siswa bermain. Walaupun guru pendidikan jasmani saya mengawasi, akan tetapi pengawasan yang paling ketat adalah saat SD. Disebabkan pada masa SMP dan SMA siswa sudah lebih memahami tentang permainan lewat media cetak,elektronik,maupun media lainnya.
Mengenai cara penyampaian materi,dengan gaya bahasa yang mudah dicerna tidak jarang pula diselipkan humor-humor ,cerita pengalaman-pengalaman guru saya. Supaya dalam pembelajaran siswa tidak merasa tertekan, apabila siswa kurang merasa nyaman tentunya sangat mengganggu transfer ilmu yang diberikan guru pendidikan jasmani melalui kegiatan belajar mengajar. Mungkin kesulitan yang dialami guru pennjas saya adalah pada masalah fasilitas dalam pembelajaran yang kurang memadai.Sehingga ada beberapa materi pelajaran tertentu yang yang belum bias diberikan guru pendidikan jasmani secara optimal. Disamping banyak sisi positif,tentunya ada pula sedikit sisi negatifnya.Misalnya saja,kurang tegasnya tindak disiplin sehingga ada siswa yang berpura – pura sakit ,bersikap malas,kemudian hanya duduk saja melihat temannya bermain atau malah pergi ke kantin. Bisa disimpulkan bahwa sebenarnya pembelajaran yang dilakukan guru penjas saya 80% sudah berjalan dengan baik,perlu ada peningkatan dari segi lainnya. Kemudian saran ataupun himbauan saya lebih saya tujukan kepada sekolah saya dulu, agar seklah saya lebih meningkatkan fasilitas, sarana prasarana dalam menunjang kegiatan belajar mengajar sesuai dengan standar kompetensi siswa. 
Pendidikan jasmani sebagai suatu disiplin ilmu? “Menurut pandangan seorang Frost bahwa disiplin ilmu adalah suatu cabang pengetahuan yang diteliti dan diajarkan semata-mata untuk dapat lebih banyak mengetahuinya, yang terdiri dari fakta, asas dan teori yang telah diakui kebenarannya”. Saya sangat tertarik unuk menanggapi filosofis dari Frost, saya setuju dengan ideologinya tersebut. Mudahnya dapat dikatakan bahwa disiplin ilmu adalah cabang ilmu pengetahuan yang kongkrit. Misal dalam pendidikan jasmani terdapat disiplin ilmu mengenai sepak bola, perlu dilakukan penelitian mengenai sepak bola. Dalam penelitian tersebut, bisa melalui pembelajaran atau cara yang lain agar mendapatkan hasil yang optimal. Dalam mengaplikasikannya perlu diciptakan pengetahuan dalm bidang yang akan dikaji atau untuk proses penelitian.
Mengapa kompetisi dalam olahraga sangat diagungkan di Negara Yunani Kuno? Tentunya ada filosofis yang membuat tingkat prestisius dalam olahraga dihargai di negara ini. Dalam olah raga ada sesuatu hal yang bisa dipetik yaitu diantaranya nilai –  nilai kependidikan , nilai – nilai kerjasama , fairplay, dan lain sebagainya. Disini ditekankan bahwa olahraga tidak hanya sebuah prestasi akan tetapi juga sebuah ilmu. Menurut seorang filosofis terkemuka Yunani Kuno, Plato menitik beratkan pada bagaimana perjalanan dalam mencapai gelar juara. Disini tentunya ada peran dari seorang pelatih, bagaimana cara dia melatih atlet – atlet agar mendapatkan gelar juara. Tentunya seorang pelatih yang professional , perlu ilmu untuk pendekatan kepada atlet – atletnya. Misalnya saja dia harus menguasai psikologi olahraga. Agar dia tahu bagaimana memberi motivasi, kemudian program – program latihan juga berbeda antara atlet yang berprestasi dengan atlet yang kurang berpretasi.
Dalam perkembangan olahraga, sampai sekarang masih diperdebatkan Apakah olaraga berakar dari Negara Yunani Kuno ataukah dari Negara China. Menurut filosofis saya, di Negara Yunani Kuno ada dasarnya kapan ada olahraga ini. Tahun berapa olahraga ini lahir, sudah bisa dianalisis. Dalam hal metafisik, perlu adanya bukti – bukti yang autenyik. Misalnya di Yunani Kuno yang pada Zaman itu terkenal adanya Gladiator, tentunya diperkuat dengan ditemukannya arena reruntuhan danbisa diperkirakan kapan itu ada. Apabila di Negara China kekuatan bukti, missal berupa bangunan tidak terdokumentasi secara baik seperti di Yunani Kuno. Jadi belum bisa dipastikan kapan terjadi, oleh karena belum diperkuat bukti – bukti yang autentik. Bagi saya, tidak penting darimana olahraga itu berasal. Karena dampaknya pun tidak begitu dirasakan. Sehingga tidak perlu diperdebatkan terlalu jauh. Yang terpenting adalah bagaimana memajukan olahraga di Negara kita tercinta Indonesia. 
Fairplay? Singkat kata ini , akan tetapi  ternyata filosofis ini sulit dicerminkan. Istilah asing ini tentunya tidak asing ditelinga pecinta olahraga pada khususnya di Negara Indonesia. Dapat kita ambil contoh Perkembangan Fairplay dalam sepak bola tanah air. Sengamat sepak bola tanah air, tentunya tahu klub Arema Malang. Ketika pertandingan dikandang melawan tim tamu, pernah saya melihat dalam televisi salah satu pemain Arema Malang yang memukul wasit. Saya lupa namanya, yang jelas setelah inisiden itu karier pemain itu praktis berakhir di Komdis PSSI. Belum lagi sikap supporter tim yang berjuluk “Singo Edan” ini terkenal anarkis di sepakbola tanah air. Ini terjadi apabila tim kesayangannya menderita kekalahan.Supporter mengamuk dan aksi saling lempar pun tidak bisa dibendung. Mungkin inilah potret sepak bola di Indonesia. Seharusnya semua komponen harus dibenahi dalam sepak bola tanah air, dengan mencontoh sepakbola di Eropa. Fairplay tidak sekedar tulisan, akan tetapi benar –  benar dijunjung  tinggi oleh semua komponen sepakbola. Di Liga Lnggris terkenal dengan supporter yang tidak anarkis, menonton disana terasa nyaman. Meskipun fanatik klub tetap ada. Menurut saya masih banyak yang harus dibenahi dalam sepak bola di Indonesia. Ini bukan tugas PSSI saja, akan tetapi semua komponen dari terbawah sampai tertinggi juga ikut berperan. Sesuatu yang besar berawal dari yang kecil, apabila dari bawah sudah berjalan dengan baik, bukan mustahil Tim Indonesia akan masuk dalam Piala Dunia 2022.
Mengenai insiden yang terjadi pada Final Piala Dunia 2006 antara Perancis dengan Italia. Seorang pemain Perancis yang juga Legenda Negara asal Menara Eiffel yaitu Zinedane Zidane menyundul perut bek timnas Italia Marco Materazzi. Ini bukan tindakan yang mencerminkan fairplay bagi seorang Zidane. Bagaimana tidak, Zidane adalah kapten timnas Perancis. Keteladanannya diluar dan di dalam lapangan dapat menjadi contoh bagi rekan – rekannya. Diluar lapangan dia adalah sosok muslim yang taat, dia mencerminkan ajaran Islam dalam pertandingan sepak bola yang dia lakoni. Tetapi sungguh mengecwakan kenapa insiden itu terjadi. Penyebabnya tak lain karena kata – kata pedas dan menusuk hati yang dilontarkan oleh Materazzi. Sebenarnya Zidane awalnya sudah sabar, akan tetapi Materazzi yang pada saat itu bagaikan iblis yang terus menyulutkan apinya, sehingga terjadilah insiden tersebut.
Wajar insiden ini terjadi, bahkan semua pemain merasakan atmosfer pertandingan Final Piala Dunia 2006 yang terasa sangat panas. Setelah pertandingan berakhir lewat adu penalti, yang dimenangkan  Italia. Zidane tanpa basa – basi langsung menyampaikan kata maafnya kepada Materazzi, terutama juga pada penonton maupun para fans nya. Ini tentunya adalah sikap yang seharusnya ditunjukkan seorang pemain, Zidane mengakui bahwa tindakanya itu tidak pantas dilakukan. Tindakan Insiden Zidane memang sama sekali tidak menunjukkan fairplay, akan teteapi sikapnya yang mau mengakui kesalahan itulah yang disebut fair play. Jarang sekali pemain seperti Zidane, dilapangan dia adalah pilihan utama sebagai “motor serangan” bagi timnas perancis, keteladanannya yang menjadikan dia juga sebagai pilihan utama untuk ditunjuk pelatih sebagai kapten timnas Perancis.
Apabila ditinjau dari aspek etika, penggunaann doping tentu sangatlah menunjukkan sikap yang tidak sportif. Banyak pro dan kontra mengenai hal tersebut. Apabila muncul pertanyaan, “ Apakah dalam olahraga atlet – atlet diperbolehkan menggunakan obat – obat?”  Menurut sudut pandang saya, penggunaan obat diperbolehkan apabila tidak menyalahi aturan atau tergantung pada tujuannya yang secara baik. Misalnya apabila atlet sakit telah diobati jauh – jauh hari sebelum pertandingan. Hal ini tentunya ada tujuannya, mengapa hal tersebut dilakukan oleh seorang dokter atlet. Agar pada saat pertandingan dan pada saat itu dilakukan pengecekan terhadap atlet, tidak ditemui atau terdapat zat – zat sisa yang itu dikira doping. 
Banyak sekali cara pencegahan agar penggunaan doping, tidak digunakan dalam hal – hal yang tidak ada dalam ketentuan. Misalnya sosialisasi berupa penyadaran terhadap atlet, agar bagaimana mereka berkompetensi secara jujur. Bagaimana nilai fairplay ditanamkan. Dan agar para tunas bangsa ini tidak tergiur dengan hal yang sekilas saja. Karena doping hanya dapat memacu prestasi untuk sementara saja, setelah itu menghancurkan karier atal tersebut bahkan untuk selamanya. Upaya untuk penyadaran ataupun sosialisasi lebih ditekankan pada moral atlet – atlet yaitu dengan menekankan bagaimana moral atlet tetap pada koridor itu, agar atlet tidak terjerumus kepada hal tersebut. Bisa juga dengan cara memperkuat iman dan taqwanya kepada Tuhan Yng Maha Esa. Seseorang yang imannya kuat tentunya tidak mudah untuk terjaerumus ke dalam hal-hal yang negatif. 
Menanggapi apa yang telah dilakukan seorang legenda sepak bola sekelas Diego Armando Maradona merupakan hal yang sangat mengecewakan bagi saya, fans, dan pengamat sepak bola yang lain. Tidak sepantasnya seorang pemain yang terkenal dengan gol “ Tangan Tuhan”  saat final Piala Dunia melawan Inggris ini menggunakan doping atau obat-obat yang terlarang, sehingga kariernya yang pada waktu itu sungguh sangat mengkilap harus tercoreng dengan tindakannya sendiri. Maradona seharusnya bercermin pada atlet – atlet Indonesia, mereka menjunjung tinggi fairplay, etika dan kejujuran yang tinggi dalam olah raga. Tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang bergelimang harta tentunya akan bertindak yang tidak wajar bila tidak mempunyai  benteng yang kuat dalam dirinya sendiri. Tentunya ada sebab mengapa Maradona menggunakan doping,  mungkin untuk meningkatkan prestasinya selama ini. Padahal tindakannya ini justru membunuh kariernya dalam dunia sepakbola. Penyesalan emang selalu datangnya diakhir, setelah pensiun sebagai pemain sepak bola Legenda asal Argentina ini menjalani pengobatan untuk menyusutkan lemaknya yang diakibatkan penggunaan doping. Setelah sembuh, Maradona mulai menunjukkan sikap fair play-nya. Saat ini dia menangani Timnas Argentina, dia menerapkan anak asuhannya untuk bermain sepak bola yang sesungguhnya, permainan bersih nan indah khas tango.
BAB III
KESIMPULAN
Dewasa ini filsafat dirasa sesuatu yang sulit dipahami,ini muncul karena dilihat dari sisi negatifnya. Padahal jika dilelaah lebih jauh akan disadari bahwa filsafat menyenangkan untuk dipelajari.Dengan menggali potensi diri, tentunya dapat memberikan hasil yang optimal dalam pengembangan diri. Semua pengetahuan sejatinya berasal dari Tuhan Yang Maha Esa, akan tetapi manusia hanya sebagai perantara di bumi ini sebagai khalifah atau pemimpin. Banyak aliran besar filsafat, akan tetapi aliran pragmatisme dirasa cocok untuk pembelajaran sekarang ini. Karena anak lebih punya andil dan berperan secara aktif. 
Sebenarya antara game, play, dan sport tidak jauh berbedakaren ketiganya adalah unsure – unsure dalam penjas. Perbedaan dari ketiganya ada pada kekuatan peraturan, ada tidaknya orgaisasi terkait, dan lain sebagainya. Konsep yang cocok untuk penjas adalah konsep pedagogis, karena inti dari penjas adalah gerak. Penjas pada konsep ini pendidikan jasmani lebih condong di pendidikannya. Pembelajaran Nilai fairplay harus ditanamkan terutama bagi Mahasiswa FIK UNY, yang mempunyai semboyan FIK sportif dan jaya. Sehingga tidak akan muncul tindakan Mahasiswa yang menggunakan doping untuk memacu prestasi yang sesaat. Bagi Mahasiswa FIK tentunya penting adanya mata kuliah pendidikan filsafat, karena disini mereka dituntut berfikir secara jauh, dengan sudut pandang tak terbatas. Ini merupakan hal yang menarik dari Mata Kuliah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Aiter & Billy. Filsafat Manusia. Dari gettech.tripod.com/ARSIP/filsafat.htm
Anwar, M.H. (2008). Relasi Pemikran Filsaat dan Pendidikan, Handout Matakuliah Filsafa Penjas dan Olahraga
Lutan, Rusli. (2001). Fairplay (2001). Fair Play dalam Praktik, dalam Olahraga dan Etika Fair Play: Hal 108-143
Lutan, Rusli. (2001). Menelusuri Makna Olahraga, dalam Olahraga dan Etika Fair Play: Hal 27-69
Lutan, Rusli (2001). Penggunaan Doping ditinjau dari Aspek etika, dalam Olahraga dan Etika air Play: Hal 178-200
Lutan, Rusli (2001). Strategi Penalaran untuk Perilaku Fair Play, dalam Olahraga dan Etika Fair Play: Hal 95-107
Margono (2007). Landasan Falsafah pendidikan Jasmani. Dalam: Asas dan Landasan pendidikan Jasmani. Hal: 20-28
Osborne, Richard. (2001). Filsaat untuk Pemula. Hal: 1-3
Osborne, Richard. (2001). Filsafat untuk Pemula. Hal: 4-66
Rene Descartes: Osborne, Richard.(2001). Filsafat untuk Pemula. Hal 70-75
Setiawan, Caly. (2004). Krisis Identitas dan Legitimasi dalam Pendidikan Jasmani. JPJI, Vol NO 1,.

0 komentar:

Erick Burhaein calon S.Pd.Jas | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all. Thanks to Blogger Templates